Pilih Bendera untuk Menterjemah

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Silahkan Pilih Warna Latar Blog ini Sesuai Dengan kenyamanan Yang Anda Suka

Selamat Datang Di Blog ini Semoga Bermanfaat Bagi Pengunjung Yang Budiman

Kamis, 19 April 2012

Tahfidz Al-Qur'an PPA (Pondok Pesantren Al-khoirot)


Tahfidz Al-qur’an sangat banyak faedah dan manfaatnya baik di dunia maupun diakhirat,salah satu faedahnya ialah Al-Qur’an akan menjadi penolong (syafa’at) bagi penghafalnya, sebagaimana yang telah diceritakan oleh Abi Umamah ra dia berkata:  Aku mendengar Rasululloh bersabda: “Bacalah olehmu Al-Qur’an, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafa’at pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafalnya)”. (HR.Muslim)

Dan tentang menentukan delegasi pemimpin, Nabi SAW menentukan kepada orang yang hafal Al-Qur’an. Diceritakan dari Abu Hurairah berkata,

 “ telah mengutus Rosulallah sebuah delegasi yang banyak jumlahnya, kemudian Nabi mengetes hafalan mereka, kemudian satu persatu disuruh membaca apa yang sudah dihafalnya, maka sampailah pada shahabi yang paling muda usianya, beliau bertanya,  surat apa yang kau hafal? Ia menjawab, aku hafal surat ini...surat ini...dan surat Al-Baqarah. Benarkah kamu hafal surat Al-Baqarah? Tanya Nabi lagi.Sahahabi menjawab, “Benar”. Nabi menjawab, “berangkatlah kamu dan kamulah pemimpin delegasi”. (HR.At-Turmudzi dan An-Nasa’i)

Jadi kesimpulannya ialah orang yang hafal Al-Qur’an itu akan diberi kemudahan dalam hidupnya dan akan mulia disisi Allah nanti di Akhirat.

Program tahfidz atau menghafal  Al-Qur’an sudah berjalan di pondok-pondok pesantren tahfidzul qur’an dan di ponpes Al-khoirot meskipun bukan pondok tahfidz program tersebut sudah berjalan tetapi cuma dipondok pesantren Al-khoirot putri saja dan yang putra masih belum ada. Sangat perlu diadakan program ini di Al-khoirot putra kalau memang dengan program tersebut tidak mengganggu terhadap program yang lain.

Kenapa bisa menggangu terhadap progran yang lain? Karena program ini sangat membutuhkan tenaga ekstra untuk menghafalnya kalau niatnya Cuma setengah-setengah saya yakin dapatnyapun pasti setengah-setengah, maka dari itu harus di kondisikan dengan program lain yang ada di pondok putra supaya bisa saling berjalan.

Berkaitan dengan wali santri sangat banyak yang menginginkan program tersebut diadakan diponpes al-khoirot putra, mungkin mereka berkeinginan disamping bisa belajar ilmu agama, juga bisa menghafal Al-Qur’an walaupun sedikit-sedikit.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum, maaf saya mau tanya, kalau mondok disini, boleh sekolah diluar pondok apa tidak ?

Posting Komentar

 

Anda Pengunjung ke..

© 3 Columns Newspaper Copyright by Ainul Yaqin | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks