Pilih Bendera untuk Menterjemah

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Silahkan Pilih Warna Latar Blog ini Sesuai Dengan kenyamanan Yang Anda Suka

Selamat Datang Di Blog ini Semoga Bermanfaat Bagi Pengunjung Yang Budiman

Rabu, 18 Juli 2012

Ramadhan bulan suci dan peruh berkah


Sebelas bulan telah terlewati, mari kita renungkan kembali apa yang sudah kita perbuat dalam sebelas bulan tersebut maka kita akan sadar bahwa dalam lamanya bulan tersebut kita tidak melakukan sesuatu hal apapun yang bermanfaat bagi diri kita lebih-lebih bagi orang lain.

Maka dari itu dibulan yang penuh dengan barokah ini, mari kita perbuat kebaikan dan ibadah
sebanyak mungkin karena Allah SWT akan memperlipat gandakan kebaikan tersebut pada bulan ramadhan, demi mengganti sebelas bulan yang telah terlewati dengan sia-sia.

Dibulan suci dan barokah ini yaitu bulan ramadhan Allah SWT telah memberi banyak keistimewaan sehingga apapun yang kita perbuat asalkan itu berupa kebaikan pasti oleh Allah akan dilipatgandakan.

Keistimewaan-keistimewaan pada bulan ramadhan diantaranya adalah sebagai berikut

1.       Bulan diturunkannya Al-qur an
     Allah lebih memilih bulan ramadhan daripada bulan-bulan lain dalam menurunkan Al-qur an, maka dengan hal tersebutlah bulan ini dinamakan bulan yang suci dan penuh barokah.

2.       Kewajiban berpuasa dalam bulan ini
     Semua ummat muslim diwajibkan berpuasa pada bulan ramadhan, karena sudah ditetapkan dalam rukun islam yang lima.

3.       Terbukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka
     Dengan ditutupnya pintu neraka Allah akan mempermudah kepada semua makhluk untuk melakukan ibadah seperti berpuasa, sholat malam dan ibadah-ibadah yang lain karena dibulan ini syetan terbelenggu, sehingga bulan ini sangat berbeda dengan bulan-bulan lainnya.

4.       Bulan ampunan dosa
     Barang siapa yang minta untuk dihapuskan dosa-dosanya yang telah diperbuat, maka dibulan ramadhan inilah yang sangat tepat karena setiap yang kita minta tehadap Allah pasti akan dimaafkan, dan barang siapa sholat malam dibulan ini karena demi mengharapkan ridha dari Allah SWT, maka dosa-dosa yang telah diperbuat akan diampuni.

5.       Waktu dikabulkannya Do’a
     Nabi muhammad telah menjelaskan dalam bulan ramadhan tiga orang yang do’anya tidak tertolak yaitu “orang yang berpuasa sampai berbuka, pemimpin yang adil, dan orang yang terdzholimi”. Maka dengan itu disunnahkan bagi orang yang berpuasa untuk berdo’a dari awal berpuasa sampai akhir puasa.

6.       Terdapat malam yang penuh berkah
     Malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu malam lailatul qadar atau malam kemuliaan malam diturunkannya kalamullah, malam ini yaitu terdapat pada 10 hari terakhirnya bulan ramadhan. Allah SWT berfirman “sesungguhnya kami telah menurunkan Al-qur an pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu malam yang lebih baik dari serubu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3)



0 komentar:

Posting Komentar

 

Anda Pengunjung ke..

© 3 Columns Newspaper Copyright by Ainul Yaqin | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks